POLRES MUBA SOSIALISASIKAN APLIKASI POLISI WONG KITO

Polres Musi Banyuasin – Jajaran Polres Musi Banyuasin mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang Aplikasi android POLISI WONG KITO yang berbasis IT sejak diperkenalkannya aplikasi tersebut oleh Polda Sumsel April 2017.

Kegiatan Sosialisasi tersebut berupa pemasangan Spanduk ditempat keramaian yang ada diwilayah hukum Polres Musi Banyuasin yang bertujuan agar masyarakat mengetahui mengenai Aplikasi ini dan bersegerah untuk memasang aplikasi tersebut di Hp mereka.

Aplikasi ini dibangun Berbasiskan Mobile oleh Polda Sumatera Selatan sebagai Manifestasi pelayanan yang lebih mudah kepada masyrarakat berbasis Teknologi Informasi dan sebagai wadah Perpolisian Masyarakat Sumatera Selatan yang merupakan bagian dari 11 Program Prioritas Kapolri menuju Polisi yang Profesional Modern dan Terpercaya serta menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Kota Palembang.

Aplikasi tersebut dibuat dengan maksud sebagai tindak lanjut dari Program Prioritas Kapolri dalam hal peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat berbasis teknologi informasi dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses setiap pelayanan Kepolisian khususnya pelayanan kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi.

Aplikasi ini berlaku bagi seluruh warga masyarakat yang ada wilayah Propinsi sumatera selatan sehingga masyarakat cukup mendownload 1 (satu) aplikasi layanan Kepolisian yaitu POLISI WONG KITO

Adapun keunggulan dari fitur-fitur diaplikasi tersebut diantaranya :

  1. Metode Panic Button yang dibangun melibatkan peran serta masyarakat di radius 100 Meter untuk menolong korban sebelum polisi mendatangi TKP berdasarkan instruksi dari Command Center Polda Sumsel.
  2. Pada saat masyarakat mendaftar dan login secara langsung akan mengetahui petugas Babinkamtibmas di desa nya masing-masing serta berinteraksi 2 arah (chating, telp, sms)
  3. BOOKING ANTRIAN online pelayanan samsat sehingga masyarakat tidak perlu mengantri di kantor-kantor pelayanan serta dapat memilih waktu yang diinginkan.
  4. LAYANAN LALU LINTAS marupakan aplikasi Klick Traffic yaitu layanan masyarakat berbasis online yang berisikan tentang Berita Lalu Lintas, Sistem Informasi Administrasi Pajak Online (SIAPO), SIM Masuk Desa (SIMMADE), Arus Lalu Lintas dan lain-lain.
  5. SKCK, Suatu pelayanan kepada masyarakat dalam hal pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara online untuk permohonan SKCK, perpanjangan SKCK, Prosedur dan pelayanan SKCK serta Biaya SKCK.
  6. KELUHAN PELAYANAN Suatu wadah tentang keluhan masyarakat terhadap Pelayanan Polri secara online, selanjutnya Propam dapat memonitor perkembangan penyelidikan pengaduan.
  7. INFORMASI SDM Suatu hotlink www.penerimaan.polri.go.id tentang Informasi penerimaan Polri.
  8. BHABINKAMTIBMAS Berisikan Info Pembinaan Masyarakat, Laporan Kamtibmas dan pendaftaran petugas Babinkamtibmas.
  9. BERITA, Berisikan Informasi dan berita Kepolisian Daerah Sumatera Selatan dan seluruh Polres / ta jajaran.
  10. TEMPAT PENTING, Berisikan layanan Kepolisian yang terkoneksikan dengan Google Maps.
  11. SP2HP Masyarakat dapat mengetahui perkembangan penyidikan kasus yang dilaporkan kepada Kepolisian.
  12. PANGGILAN DARURAT,Petugas / anggota Polri dengan segera menuju lokasi berdasarkan lokasi GPS pada smartphone yang digunakan, Masyarakat yang membutuhkan kehadiran Polisi dengan segera dapat melakukan panggilan darurat / menekan panic button.
  13. LAPORAN MASYARAKAT,Dengan memilih “Laporan Masyarakat” setiap pengguna aplikasi Polisi Wong Kito dapat melaporkan semua kejadian yang ditemukan langsung ataupun dialami sendiri.Masyarakat dapat melaporkan setiap kejadian kriminalitas, penyalahgunaan narkoba serta tindak pidana lainnya. ( Humas Polres Musi Banyuasin )

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email