SOSIALISASI KARHUTLA KANIT BINMAS SUNGAI KERUH DATANGI WARGA

Polres Musi Banyuasin. Memasuki pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau tentu ini bukanlah hal yang ringan bagi petugas kepolisian. Hal ini didasari dari pengalamann ditahun-tahun yang telah lalu.

Banyaknya aktivitas masyarakat yang hendak membuka lahan dimusim kemarau dengan cara membakar serta terjadinya kebakaran hutan, lahan gambut akibat dari percikan bunga api akibat terbawa angin dari hutan yang terbakar.

Jajaran kepolisian dalam hal ini sat Binmas Polres Muba dibawah kepemimpinan AKP. WAHYU SETYO P.S.H, S.Ik. Telah menginstruksikan kepada polsek jajaran khususnya kepada petugas Bhabinkamtibmas yang telah tergelar didesa-desa yang ada dikab.musi banyuasin untuk lebi mengintensifkan lagi kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara merangkul instansi terkait untuk saling bekerjasama mensosialisasikan tentang larangan membakar hutan maupun lahan untuk kepentingan apapun.

Kegiatan sosialisasi ini dari jauh-jauh hari telah dilaksanakan oleh petugas bhabinkamtibmas atau pun kanit binmasnya, seperti yang dilakukan oleh Bripka Nopi Didi Kanit Binmas Polsek Sungai keruh polres muba, Rabu 05 April 2017, dibantu kanit Ik polsek serta Petugas Babinsa Serma hendy, sekcam Sungai keru Yeyen suarnaya, dan dari dinas perkebunan sdr., ruslan secara bersama sama mendatangi warga masyarakat untuk memberikan himbauan, baik itu dikebun ataupun pemukiman penduduk dengan cara door to door atau pun pemasangan spanduk tentang larangan membakar hutan ataupun lahan.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan juga untuk memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa dampak dari kebakaran hutan dan lahan ini sangatlah besar, baik itu dari segi kesehatan, lingkungan,ekonomi serta hubungan antar negara dan juga bagi pelaku pembakaran hutan atau pun lahan itu sendiri karena akan terkena sangsi pidana sesuai dengan undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,sesuai dengan Pasal 99 ayat 1 dengan acaman 1 tahun sampai 3 tahun Penjara dan denda paling sedikit 1 Milyar dan paling Banyak 3 Milyar. ( Humas Polres Musi Banyuasin )

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email